ARTIKEL 3 : Manajemen Waktu

Sebelum kita bahas mengenai manajemen waktu, ada yang mau kita bahas dulu nih, yaitu LK/UKMF dan club. “Apa itu LK/UKMF ? Apa aja sih club yang ada di FKEP ? LK itu singkatan dari Lembaga Kemahasiswaan dan UKMF itu singakatan untuk Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas. Di Fakultas Keperawatan sendiri ada 2 LK dan 4 UKMF.

LK (Lembaga Kemahasiswaan) yang ada di Fkep adalah BEM dan BPM. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) merupakan lembaga kemahasiswaan yang menjalankan organisasi layaknya sebuah pemerintahan. BEM memiliki beberapa departemen, ada departemen yang mengurusi internal dan eksternal, minat dan bakat, kaderisasi, kesejahteraan mahasiswa, dan lain-lain. BPM (Badan Perwakilan Mahasiswa) di dalamnya terdapat beberapa komisi, komisi yang mengurusi perundang-undangan, keuangan, pemilu di fakultas, dan lain-lain.

b1

UKMF yang ada di Fakultas Keperawatan itu ada PNC (Padjajaran Nursing Corps). Ini salah satu UKMF terkenal loh temen-temen, karena sering dipanggil fakultas lain untuk dimintai bantuan kesehatan. Kalau ada yang hobi nyanyi ada PSM (Paduan Suara Mahasiswa), terus kalo ingin sama-sama belajar kerohanian sesuai agama masing-masing, untuk yang beragama islam bisa ikut Rohani Islam QA ( Quwwatul Azam) sedangkan untuk yang beragama non-islam bisa ikut PMKK. Layaknya organisasi lain, di dalam UKMF juga terdapat pengurus dan beberapa bidang yang diurusi, disesuaikan dengan UKMF masing-masing.

Seputar club yang ada di fakultas keperawatan itu ada sepak bola, basket, angklung, jaipong, saman dan lain lain. Nah, bagus untuk mengembangkan bakat temen-temen di bidang olah raga dan juga seni.

Asik kan? Kedengeran seru kan? Ga ada salahnya kita mencoba aktif di salah satu atau lebih kegiatan kemahasiswaan di atas. Masih ragu? Nih, kita kasih tau juga deh apa manfaatnya: Melatih Leadership, Belajar Mengatur Waktu, Memperluas Jaringan, Mengasah Kemampuan Sosial, Manajemen Konflik, Mengisi Waktu Luang dengan Aktivitas Positif.

Masih ragu juga? Masih ga yakin gimana cara manajemen waktu yang benar? Simak tips di bawah yaa!

Langkah untuk Meningkatkan Manajemen Waktu

Mula-mula teman-teman harus menetapkan tujuan. Apakah ada target yang ingin dicapai pada perkuliahan? Jika sudah yakin dengan tujuan dan target yang ingin diraih pada semester ini, maka teman-teman sudah bisa memulai membuat jadwal semester.

b3

  1. Membuat Jadwal Semester
    • Catat tugas mata kuliah yang telah diketahui. Mencatat tugas pada setiap awal semester membuat teman-teman mengetahui kapan membutuhkan waktu lebih banyak untuk kegiatan akademik dan kapan punya waktu lebih longgar untuk aktivitas lainnya.
    • Catat aktivitas kemahasiswaan, termasuk hari kerja (jika bekerja), pertemuan atau rapat organisasi, aktivitas sosial, jadwal keluar kota (pulang kampung di akhir pekan atau liburan), dan sejenisnya.

Penting untuk diingat bahwa setelah teman-teman mempunyai jadwal kegiatan semesteran ini, perlu memperbaharui jadwal semester ini secara berkala. Perubahan-perubahan sangat mungkin ada. Mempunyai  jadwal semester yang akurat itu penting untuk tahap berikutnya dari proses ini, yaitu merencanakan beban kerja mingguan.

 

  1. Menilai dan Merencanakan Jadwal Mingguan
    • Buat daftar apa yang harus dikerjakan dalam minggu depan, termasuk tugas kuliah, praktikum, kuis. Buatlah daftar ini inklusif, karena segala sesuatu membutuhkan waktu, mengerjakan soal latihan, atau menulis outline untuk makalah penelitian dll.
    • Masukkan dalam daftar apa yang harus dikerjakan minggu itu, aktivitas kemahasiswaan, olah raga, makan, dan kumpul dengan teman. Aktivitas sehari-hari dan aktivitas kemahasiswaan penting dan menciptakan keseimbangan hidup.
    • Estimasikan berapa lama setiap tugas dapat diselesaikan. Setiap aktivitas membutuhkan waktu yang berbeda, sehingga penting sekali untuk mengestimasikan berapa lama setiap tugas dapat diselesaikan.
    • Identifikasi pada hari apa setiap tugas akan diselesaikan, Selalu ingat waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tugas itu dan hal-hal lain yang juga harus dikerjakan pada hari itu.
    • Membuat jadwal minggu berikutnya setiap jumat petang atau jumat malam adalah suatu kebiasaan yang baik. Karena jika minggu berikutnya jadwal sangat padat, maka akan sangat membantu jika menyelesaikan sebagian tugas pada akhir pekan untuk meringankan jadwal minggu berikutnya.
  2. Jadwal Setiap Hari
    • Tulis jadwal harian pada setiap pagi. Termasuk tugas-tugas yang belum selesai dari hari sebelumnya. Gunakan buku kecil atau notes untuk mencatat jadwal harian ini agar teman-teman dapat membawanya kemana-mana dan memeriksanya setiap saat.
    • Berikan skala prioritas untuk setiap tugas harian yang telah ditulis. Beberapa aktivitas harus dikerjakan hari itu dan sebagian lagi mungkin merupakan opsional untuk diselesaikan hari itu. Anda dapat menggunakan sistem A,B,C untuk memberi prioritas pada setiap tugas. A tugas yang harus diselesaikan pada hari itu dan C adalah opsional, sedangkan B penting tetapi tidak sepenting A. Cobalah untuk menyelesaikan semua tugas A sebelum mulai mengerjakan tugas B, dan akhirnya yang C.

b1

  1. Evaluasi Setiap Jadwal
    • Evaluasi jadwal setiap pagi. Tanyakan pada diri sendiri apakah jadwal hari itu cukup realistis. Tuliskan berapa jam setiap tugas akan diselesaikan. Jika dirasa tidak mungkin diselesaikan, buang beberapa tugas dengan prioritas B dan C dari jadwal
    • Evaluasi jadwal setiap malam. Apakah semua tugas dalam daftar telah diselesaikan? Jika tidak, mengapa? Apakah karena jadwalnya tidak realistis atau manajemen waktunya yang tidak efektif? Apa penyesuaian yang bisa dilakukan agar di lain waktu anda dapat membuat jadwal yang lebih baik?
  2. Mengupayakan agar Manajemen Waktu Berjalan dengan Baik

Melihat dari padatnya jadwal dan tugas perkuliahan ditambah dengan aktivitas kemahasiwaan seperti organisasi dan kepanitiaan, teman-teman bisa melihat kira-kira berapa jumlah kepanitiaan yang dapat maksimal diambil agar tidak banyak mengambil waktu untuk belajar, mengerjakan tugas dan melakukan aktivitas lainnya.

Gimana temen-temen? Ada yang bisa diambil dari artikel diatas? Semoga bermanfaat untuk kegiatan perkuliahan dan organisasi temen-temen kedepannya yaa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s